Saturday, February 21, 2015

Angka 7


Suatu hari ada teman gue yang nanya : "Diva, lo menilai diri lo dengan angka berapa?". Dengan mantap gue menjawab : "Tujuh". 

Bagi gue tujuh itu cukup. Nggak terlalu tinggi dan nggak terlalu rendah. Cuma lumayan. Nggak spesial. Tapi emang itu cara gue memandang diri gue sendiri. Ini bukan berarti gue minder dan mengganggap diri gue rendah ya,

Gue jelasin,  


Dari dulu gue bukan termasuk cool kid. Mungkin cenderung culun tapi masih atasan dikit. Gue adalah orang yang biasa aja. Karena itu apapun yang gue lakukan butuh kerja keras. 

Saat menginjak SMA, gue tersadar bahwa dalam pergaulan itu setiap orang punya identitas. Mana si anak eksis, mana yang biasa aja, mana yang freak. Jujur, struggle dalam hidup gue adalah ketika gue menginjak SMA. Gue sadar nggak ada yang spesial dalam diri gue. Pengen jadi cool kid nggak sampe. Jadi culun gue nggak mau. Ya biasa aja udah.

Gue inget banget waktu SMA gue punya teman dekat. Dia cantik banget. Makanya anak-anak gaul di SMA dengan mudah ngelirik dia. Yang ganteng pengen jadiin dia pacarnya. Yang sama-sama cantik kayak dia pengen jadiin dia teman satu gengnya. Perlahan lingkungan gue dan teman gue itu berbeda. Dia dan kehidupan kerennya dan gue dengan kehidupan gue yang biasa banget. 

Di SMA gue emang kurang menarik. Butuh effort gede biar orang mau berteman sama gue. Kalau ada beberapa orang yang dengan cara duduk-duduk cantik aja bisa dengan sendirinya punya temen, gue harus keliling kelas ngajak kenalan satu-satu biar bisa dapet temen. (Alhamdulilah sih ini kebiasaan yang terpupuk hingga sekarang dan pada akhirnya membuat gue luwes dan nggak awkward kalo ketemu orang baru).

Kemudian nggak cuma di lingkungan pergaulan. Sama halnya dengan saat ngerjain tugas. Waktu gue kuliah ada orang yang dengan mudah bisa selalu dapet nilai bagus. Ini kejadian yang paling ngeselin : dulu pernah gue dapet project kampus dimana gue yang jadi ketuanya. Namanya juga anak kuliahan, ada aja yang males ngerjain. Gue mati-matian ngerjain dan nerangin ke anggota grup gue biar pas presentasi mereka nggak bengong (baik banget kan gue). Hasilnya? Gue yang paling banyak kerja dapet C. Teman gue yang nggak mau nyentuh laptop sedetik pun dan cuma dengerin gue ngomong malah dapat A!!! Ini nggak adil banget!!! 

Di lingkungan pekerjaan juga begitu. Ada temen gue yang kalo disuruh kerja males-malesan tapi emang pada akhirnya kerjaan dia bagus. Kalau gue, kadang udah serajin apapun hasil kerjaan gue tetep harus dikritik pedes dulu. Drama banyak banget. Sering kali gue berada di titik "gila, apa gue berhenti aja ya?". 

Gimana dengan percintaan? Lebih banyak dramanya. Males bahas di sini. hihi..

Pernah gue cuma bisa duduk mojok sambil ngelamun. "Why? why? why?". Kenapa gue nggak punya otak super jenius atau penampilan super good looking atau minimal hocky yang gede dan membuat gue lebih sukses dari pada sekarang? 

Gue nggak nemu jawabannya. Yang pada akhirnya gue tahu, ya setiap orang beda-beda. Mungkin orang lain yang gue liat males-malesan itu ternyata aslinya nggak semales itu. Mungkin aja gue cuma liat luarnya. Jangan-jangan diem-diem hidupnya lebih struggle dari gue tapi gue nggak sadar. Mungkin orang-orang keren itu emang pantas mendapatkannya. Jadi gue nggak pantas mendapatkannya? Meskipun gue udah berjuang mati-matian? Gitu??

Kemudian gue tarik nafas panjang. Kayaknya gue harus terima kalau nilai gue itu angka 7.

Dan ternyata, penilaian ini membawa gue ke arah yang lebih baik. 
  1. Sadar nilai gue cuma 7 membuat gue kerja lebih keras lagi. Kalau gue nggak kerja keras, gue akan menghasilkan pekerjaan yang nggak oke. Makanya apapun pekerjaan yang dikasih ke gue pasti akan gue anggap sebagai tanggung jawab besar dan membuat gue gak gampang nyepelein kerjaan itu.
  2. Gue selalu terima kritik dan sadar emang ada orang lain yang lebih jago dari gue. Ya yang pasti dengan secara lapang dada gue menerima bahwa nilai gue cuma 7, gue nggak minder-minder banget bertemu teman-teman gue yang punya angka 8 atau angka 9. Yang ada gue selalu seperti menjadi gelas kosong. Nggak gengsi nerima banyak masukan dan termotivasi untuk selalu menjadi yang lebih baik.
  3. Gue nggak tertekan harus selalu hidup dalam standart orang yang tinggi terhadap gue. Gue sadar gue banyak kurangnya. Tentu gue akan kerja semaksimal yang gue bisa. Tapi kalau in the end of the day banyak pihak yang mengkritik atau nggak sesuka itu sama hasil karya gue, gue akan lebih mudah tersenyum. Ya udah lah ya. Paling nggak gue udah usaha.
  4. Sering kali gue mengejutkan orang. Nggak jarang loh orang ngasih standart rendah ke gue dan ternyata gue bisa memenuhi standart mereka jauh dari yang mereka harapkan. Ini yang kemudian membuat gue semakin sadar bahwa "Terkadang lo cuma butuh kerja keras dan kemauan yang kuat".
Of course pada akhirnya orang akan jadi sering muji "bagus banget Div kerjaan lo!" / "Div suka banget!" / "Div lucu banget! Hebat deh lo". Kadang rekan/bos/temen bisa ngasih gue angka 8-9 buat gue. Tapi gue akan selalu kembali ke angka 7. Kerjaan gue bisa bernilai segitu, tapi diri gue sendiri tetep di angka 7. Kenapa? 7 membuat gue nyaman. Lumayan yang terkandung dalam 7 membuat gue stay hungry dan nggak cepet puas. Tentu rasa puas itu bagus. Tandanya kita menghargai kerja keras kita. Tapi kalau ujung-ujungnya membawa kita ke "comfort zone", menyepelekan pekerjaan dan merasa lebih jago dari orang lain? Sorry, mending gue stay humble di angka 7.

Tentu setiap orang punya penyikapan yang beda terhadap diri sendiri. Ada yang merasa angka 7 terlalu sederhana dan malah membuat mereka jadi minder. Ya nggak apa-apa. Menilai diri sendiri adalah tugas masing-masing orang. Kalau ada yang merasa lebih percaya diri dengan menilai diri sendiri menggunakan angka 8, 9 atau bahkan 10, selama itu membawa hal-hal positif, ya sah-sah aja.

Satu yang menurut gue nggak pernah boleh ilang ketika kita sedang ngaca atau intropeksi diri. Jangan pernah minder untuk bilang "Good Job" ke diri sendiri. Give a credit to ourself :) Karena pada akhirnya, angka dan nilai hanyalah akan menjadi angka dan nilai. Rasa nyaman menjadi diri sendiri adalah hal yang paling penting.

Jadi, berapa nilai yang lo kasih buat diri lo sendiri?

Sambil mikir mendingan dengerin lagu ini. Bacause every single of you is awesome! 

No comments:

Post a Comment